Tab/Menu Microsoft Word 2016
Menu Tab ter diri dari, Home, Insert, Design,
Layout, References, Mailing Review, View, yang tersissa adalam menu
File, dan yang ber garis ijo itu adalah icon-icon dari menu Tab.
1. File
/ Office Button
Menu File atau pada versi Microsoft
Office yang sebelumnya adalah Office Button ini berisi perintah yang berkaitan
dengan informasi, membuka dokumen, membuat dokumen baru, simpan sebagai, print,
share, export, close, account, dan options.
2. Home
(Beranda)
Tab Menu Home merupakan tab menu
dasar yang paling banyak diperlukan karena meliputi segala bentuk pengeditan
pada teks pada jendela yang sedang aktif. Tab menu Home berisi grup beserta
perintah-perintah di dalamnya.
3. Insert
(Sisipkan)
Tab Menu Insert pada umumnya berisi
sekumpulan grup yang di dalamnya adalah perintah untuk menyisipkan suatu objek,
baik berupa tabel, gambar, nomor halaman, dan lainnya.
4.
Design (Desain)
Tab Menu Design berisi
perintah-perintah yang berkaitan dengan desain halaman seperti bingkai, gaya
dokumen, cap air, dan lainnya.
5.
Page Layout (Tata Letak Halaman)
Tab menu Page Layout ini berisi
perintah yang meliputi penyetelan halaman, ukuran kertas, orientasi, margin,
memperlihatkan jumlah baris, dan masih banyak lagi.
6.
References (Referensi)
Tab menu References ini fungsinya
lebih mengarah pada catatan pribadi ataupun kutipan yang akan di lampirkan pada
dokumen serta melampirkan daftar isi dan indeks pada dokumen yang sedang
aktif.
7.
Mailings (Surat)
Tab Menu Mailings
berfungsi untuk memudahkan pengguna untuk menulis surat kepada orang
lain.
8. Review (Tinjau)
Tab Menu Review
berfungsi untuk meninjau suatu dokumen, menghitung jumlah kata, mengatur kamus
bahasa serta melindungi dokumen dari pengeditan.
9. Viev (Tampilan)
Tab Menu View berisi
perintah-perintah yang berhubungan dengan tampilan jendela yang sedang aktif
seperti zoom, penggaris, panel navigasi dan lainnya.
Pengaturan Dasar Huruf
dan Paragraf
Langkah-langkah mengatur spasi dalam microsoft word
Cara pertama
- Buka lembar kerja ms word yang sudah berisi text atau tulisan yang akan diatur jarak spasinya.
- Selanjutnya blok tulisan yang akan diatus spasinya, atau jika ingin mengatur semua yang ada pada lembar kerja ketikkan CTRL+A untuk mem blok semua tulisan dalam lembar kerja.
- Pada menu bar Home, pilih line spacing pada group paragraf dan klik anak panah ke bawah.
- Selanjutnya akan muncul pilihan dari spasi, mulai 1, 1,25, 1, 5, 2 dan seterusnya. Pilih sesuai keinginnan anda.
- Jika anda ingin mengatur lebih dari yang anda di pilihan, klik Line spacing options.
- Maka akan muncul jendela paragraf, disini kita bisa mengatur spasi sesuai dengan keinginan kita. kita juga bisa mengatur jarak antar baris maupun jarak antar paragraf.
Cara kedua
- Buka lembar kerja ms word yang sudah berisi text atau tulisan yang akan diatur jarak spasinya.
- Selanjutnya blok tulisan yang akan diatus spasinya, atau jika ingin mengatur semua yang ada pada lembar kerja ketikkan CTRL+A untuk mem blok semua tulisan dalam lembar kerja.
- Selanjutnya klik kanan pada lembar kerja microsoft office word, maka akan muncul jendela properties. kemudian pilih paragraf.
- Atur jarak antar paragraf sesuai dengan keinginan anda pada jendela paragraf.
Langkah-langkah
Mengatur jenis huruf pada microsoft office word
- Sebelum anda mengetikkan tulisan setting terlebih dahulu jenis font yang akan digunakan.
- Atau jika anda sudah terlanjur mengetik kata atau kalimat, maka yang harus anda lakukan adalah dengan memblok tulisan terlebih dahulu.
- Klik Home pada menu bar --> Font -->klik anak panah kebawah, kemudian pilih jenis huruf yang akan digunakan.
- Kemudian lihat hasilnya.
Mengatur Ukuran huruf pada microsoft office word
1.
Sebelum anda mengetikkan tulisan
setting terlebih dahulu ukuran font yang akan digunakan.
2.
Atau jika anda sudah terlanjur
mengetik kata atau kalimat, maka yang harus anda lakukan adalah dengan memblok
tulisan terlebih dahulu.
3.
Klik Home pada menu bar-Font-klik
anak panah kebawah, kemudian pilih ukuran huruf sesuai yang di inginkan
4.
Kemudian liat hasilnya.
Cara mengatur paragraf di word
1.
Blog bagian paragraf yag akan kita
atur kemudian klik menu home <panah kecil yang ada disamping tulisan
paragraf.
2.
Kemudian pilih first line, jika anda
menginginkan baris pertama agak masuk kedalam dan pilih hanging jika
menginginkan baris pertama menggantung keluar. Anda juga bisa mengatur jaraknya
pada kolom by yang berada disebelahnya.
Keterangan :
Alignment untuk mengatur rata kiri, rata
tengah, rata kanan, dan rata kiri kanan
Direction untuk mengatur arah mengetik right
to left yang berarti mengetik dimulai dari kanan kekiri, biasanya digunakan
untuk pengetikan bahasa arab. Sedangkan left to right digunakan untuk bahasa
latin
Identation untuk mengatur awal dan akhir jarak
penulisan. Dipengaturan inilah kita bisa mengatur baris pertama masuk kedalam
atau mengantung keluar.
Spacing untuk mengatur jarak dari baris
pertama dengan baris berikutnya.
Pembuatan Cover/Halaman Depan
Cara Membuat Cover Makalah Di Microsoft Office Word
bukalah aplikasi Microsoft wordnya kemudian pilih tab insert dan
pilih word art, selanjutnya ketik MAKALAH atau sesuaikan dengan yang anda
perlukan seperti KLIPING, TUGAS, Dll
untuk memberi warna dan mempertebal garis pinggir pada tulisan,
klik pada tab Format dan pilih Shape Fill untuk warna di dalam tulisan, dan
Shape Outline untuk warna garis tepi dan memberi warna garis tepi pada tulisan
selanjutnya tekan enter dan ketik judul makalah yang anda ingin kan. terus lanjutkan sampai kebawah sehingga akan tampak seperti berikut ini
Tidak sulitkan membuat tampilan seperti diatas ??? ok selanjutnya membuat garis yang ada di tengah, klik ada tab Insert kemudian pilih Shapes dan klik pada line.
Tarik dari atas ke bawah dengan perpaduan tkan Shift pada keyboard sehingga garis akan terlihat presisi (lurus)
langkah selanjutnya adalah memberi bingkai pada bagian pinggir dengan cara klik pada bagian Page Layout, pilih page borders, kemudian pilih bingkai yang anda inginkan
Pembuatan dan Pemanfaatan Tabel
Tabel adalah kumpulan
dari beberapa baris dan kolom yang membentuk kotak-kotak. tabel biasanya
digunakan untuk membuat daftar atau list dari sebuah barang atau nama
·
Cara Membuat Tabel Di
Office Word
Hal pertama untuk
membuat tabel di Office Word jika Office Word Anda sudah aktif adalah memilih
menu Insert kemudian Tabel. Anda sorot menggunakan kursor mouse
secara mendatar (horizontal) dan menurun (vertical) untuk membuat kolom dan
baris tabel. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda jumlah kolom dan juga jumlah baris
tabel ini. Begitu Anda menyorot kotak-kotak persegi kecil tersebut maka akan
tampil preview tabel pada layar kerja Office Word. Jika sudah pas maka Anda
tinggal klik sekali menggunakan mouse.
Lalu bagaimana jika
jumlah kotak-kotak persegi kecil tersebut tidak cukup sesuai jumlah kolom dan
baris yang Anda butuhkan? Karena secara default jumlah kotak-kotak kecil untuk
membentuk kolom dan baris tabel tersebut adalah hanya 10 kolom dan 10 baris. Untuk
mengatasinya adalah silakan Anda klik pilih Insert Table.
Disini Anda dapat dengan bebas menentukan jumlah kolom
dan baris tabel sesuai dengan yang Anda perlukan. Sekedar contoh ketik angka 5
pada kolom Number of columns untuk menentukan jumlah kolom tabel.
Kemudian ketik angka 10 pada kolom Number of rows untuk menentukan jumlah
baris tabel. Terakhir Anda klik OK.
Begitu Anda selesai menentukan jumlah kolom dan baris
tabel maka pada menu bar Office Word akan bertambah dua menu lagi, yaitu menu Design
dan menu Layout. Kedua menu ini berfungsi untuk melakukan perubahan pada
tabel yang sedang Anda kerjakan.
Menu Design berisi dengan sub menu : Table Style
Options, Table Styles, dan Draw Borders.
·
Pemanfaatan Tabel
Tabel biasanya digunakan untuk menempatkan data secara spreadset,
tapi untuk desain suatu web, selain untuk menempatkan data, tabel digunakan
untuk merapikan teks, ataupun gambar. Dengan menggunakan tabel, teks ataupun gambar dapat disusun menjadi
lebih rapi. Tampilan halaman web akan menjadi lebih baik, apabila
dasar/kerangkanya menggunakan tabel.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar